Sabtu, 25 Mei 2013

Tiga Makhluk

Selamat Sabtu malam, reader tercinta! Tau deh yang lagi asik sama pasangan tercinta. *jomblodetected*
Tapi jangan lupa! Harus sama pasangan yang halal ya malem mingguannya... :P
Malam ini gue putuskan untuk bercengkerama bersama lappy tercinta. Sok-sokan pengen ngeblog, pengen lanjutin flashfic tapi malah asik browsing kemana-mana. (-_-'')

Warning! It's gonna be so long entry. You've been warned! 



Gue tau, beberapa dari kalian mengira kalau gue ini cuma seorang mahasisiwi tingkat akhir. ouch! Sudahlah, bentar lagi gue lulus kok. Aamiin. Oke, lanjut! Kalian ga tau aja kalau sebenernya gue ini lagi sibuk freelance!
Yup, freelance sebagai ibu rumah tangga. Gue nggak mau disebut sebagai baby sitter, gue lebih bangga disebut sebagai ibu RT!

Berawal dari kakak perempuan gue yang dulu tinggal di Bogor dan akhirnya pindah ke rumah yang sekarang gue tempatin di pinggiran Tangerang Selatan, pinggiran Jakarta Selatan, pinggiran Banten dan pinggiran kota Depok (harap maklum rumah gue emang berada di pinggir kota). Dia kerja sebagai perawat di Bogor Medical Center, dan mengamanahkan gue ketiga anak-anaknya untuk dijaga, dirawat, dan dibesarkan dengan kasih sayang.

Gue pada dasarnya seneng dan cinta sama anak-anak. Sejak kakak gue melahirkan anak pertama, gue udah seneng banget bisa ngerasaain gendong bayi, bisa cium-cium bau minyak telon di badan bayi, bisa belajar bedong, belajar mandiin, belajar nyebokin, dan ngerasain betapa ngantuknya bangun malem-malem cuma untuk bikin susu.

Seiring berjalannya waktu, makin berkembangbiaklah tuh kakak gue. Dia melahirkan ketiga anak yang lucu-lucu dan gemesin minta ampun sampe-sampe pengen gue lemparin ke kali hahaha... Karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan berganti shift, kakak gue ga bisa sepenuhnya menjadi ibu yang selalu ada buat mereka. Dia banting tulang buat nyari nafkah demi anak-anaknya. Lho? Suaminya emang kemana? Halah... Yang itu bahasnya nanti aja.

Kakak gue bukannya ga mau nyari pengasuh, dia lebih percaya sama keluarga dan lebih baik duitnya dikasih ke nyokap dan adeknya daripada mesti dikasih ke pengasuh yang dari pengalaman yang lalu-lalu, selalu menuntut minta diongkosin pulang kampung, minta kenaikan gaji padahal baru 4 bulan kerja, minta libur dipercepat, sebentar-sebentar pulang kampung, terus sering pulang seenak jidatnya. capede (-,-")

Maka dari itu, gue berperan penting sebagai pengganti ibu bagi ketiga bocah gemesin tapi nyebelin minta ampun. Nyokap gue sebenarnya yang lebih berperan, terlebih lagi ketika sifat kolokan dan manja gue kambuh, dan kelakuan nyebelin gue ga jauh-jauh dari bocah-bocah itu. hahaha... Tapi gue kasian juga sama nyokap. Beliau udah berumur, punya darah tinggi dan diabetes, juga pernah ngalamin stroke, jadinya badannya suka ngerasa lemes. Gimana bisa ngejagain bocah-bocah yang lincahnya lebih-lebih dari seekor belut di sawah?

Sebaiknya gue kenalin aja ketiga bocah-bocah imut gemesin tapi nyebein ini.

1. Ahmad Yazid Alkhairy

Jengjengggg.....


Panggilannya Yazid, kadang Yaya, kadang Kaka. Dia anak pertama. 30 Juni nanti umurnya bakalan 7 taun dan bakal naik ke kelas dua. Menurut gue dia paling pemalas di antara yang lain. Tapi, dia itu pinter banget. Terlebih otak kiri nya jalan banget. Masalah itung-itungan jangan ditanya lagi. Kalau disuruh belajar dia selalu ga mau. Karena hobinya itung-itungan, makanya dia suka banget sama pelajaran matematika. 

Dan seperti kebanyakan anak pinter lainnya, meski ga belajar, dia pasti bisa jawab. Dan menurut gue, sifatnya pun perhitungan abis. Misalnya kalau disuruh makan, dia bakalan nuntut maunya disuapin sambil main sama si anu, sambil mainin ini itu, dan maunya cuma 5 suap! Kalau pas libur disuruh mandi, dia nuntut buat mainin game di tablet sampe seharian. Kalau disuruh ke warung, ini sih sama aja kayak anak kebanyakan, pasti minta upah. Tapiiii, ngelaksanainnya itu ribet banget. Banyak banget alasannya. Dasar pemalas! kaya gue ngga aja.

Kalau gue bayangin, nih anak kalau udah gede pasti jadi orang yang nyebelin, sok penting, jago nego, banyak omong. Dan anak otak kiri itu super duper cerewet! Nanya ini itu dulu baru ngelaksanain. Kita mesti bisa jawab sampe jawabannya itu termasuk logis dipikirannya. orz

Tapi ada yang bisa diandelin dari dia. Yazid paling enak buat dibawa kondangan! Gue jadi punya alibi kalau tiba-tiba ada yang nanya pergi sama siapa? kok pulangnya buru-buru? Jadi ga kesepian banget lah kalo mesti kondangan ga bareng temen. hahaha...

Mungkin karena Yazid yang paling besar, dia paling enak buat ngobrol. Cerita-cerita tentang pengalaman di sekolah, cerita tentang itung-itungan duit jajan plus nabung, dan dia bisa dijadiin kuping kalau-kalau ada yang lagi ngomongin gue. Dia paling sensitif, jarang nangis sih... Tapi sekalinya nangis bisa satu jam ga berhenti. *swt*


2. Aisya Faqiha Mumtaza

jejejejejeennggg....

Si cantik yang satu ini panggilannya Icha. Umurnya Desember nanti bakalan genap 5 tahun. Menurut gue, secara fisik, dia itu dewasa banget kalau dilihat dari raut wajahnya. Dia itu rajin dan suka bantu-bantu. Suka bantuin jemur baju, nyuci piring, angkat jemuran, suka ambilin minum buat gue, tapi dia juga suka acak-acak kamar gue. Dia susah banget kalau disuruh makan. Kalau makan, kunyahnya lamaaaaa banget. Ih, sampai nasi jadi kerak, sampai kucing beranak pinak, tuh nasi masih aja di dalem mulutnya.

Gue sih suatu saat pengen banget punya anak perempuan. Soalnya lebih gampang diatur. Bisa gue kuncirin rambutnya, dan baju anak perempuan itu lucu-lucu. Icha itu penyuka mickey dan barbie. Dia suka banget sama warna pink. Aishh... girly abis! Dia juga suka nimbrung bareng ketika gue lagi pake body lotion dan minta ditetes-tetesin body lotion ke tangan dan kakinya. Dia ikut-ikutan pake make up dan minyak wangi gue. Seru sih, bisa dijadiin boneka percobaan buat make up sekalian ngasih pelajaran buat dia sebagai bekal remaja nanti. #apasihgue?

Mungkin karena dia ini anak perempuan kali ya. Dia itu cengeng minta ampun. Astaga... sehari kalau dihitung bisa 12 kali nangis dengan perhitungan satu jam satu kali nangis. wakakakkk... Dia nangis karena berebut mainan sama adiknya juga berantem sama kakaknya. Kalau nangis mirip si Shinzo, adiknya ninja Hatori yang kalau nangis bikin geger sekampung, malah nangisnya lama banget. Kalau udah ngambek, semua perabot rumah jadi pelampiasan dia. Barang-barang dijatohin, pakaian di lemari dilempar-lempar, bahkan air galon dibuka kerannya dan banjirlah lantai di rumah. Beberapa hari yang lalu dia sempat melempar tablet yang malang karena saling berebut mainin game sama adiknya. Sebenernya cara gampang buat berhenti nangis tinggal digendong sambil dipeluk. Cep! langsung deh diem.

Icha termasuk anak yang lebih cenderung ke otak kanan. Dia seneng dengerin cerita-cerita ngibul gue. Dia juga suka ikut-ikutan berimajinasi bareng gue. Misalnya ketika makan, gue nyuapin dia sambil cerita, "Dede, waktu itu bibi pernah liat ikan hiu berenang di kamar bibi. Serem banget, ih." Terus tiba-tiba dia nerusin ceritanya "ikan Hiunya udah mati gara-gara ngeliat bibi. Dia takut, soalnya serem liat bibi." muahahaha... Sepertinya dia jadi ikutan pinter ngibul gara-gara bibinya.


3. Ahmad Azzam Alkhairy
Jegeeerrrrr!!!!!!!!


Kalau yang ini sebenernya gue udah speachless banget. Nama panggilannya Azzam. Gue sama nyokapnya lebih sering manggil dia Mas Azzam, soalnya mirip sama tokoh di Ketika Cinta Bertasbih itu looh... hahaha.. Tapi kata nyokapnya, karena dia terlahir paling bule dan berambut cokelat keemasan, maka dipanggil Emas. #krikkk

Azzam sekarang berumur 2,5 tahun. Oke, gue bakal ceritain sifat jeleknya dulu. Dia itu disebut Trouble Maker. Sikapnya preman banget. Suka gangguin kakak-kakaknya, bahkan kalau kakaknya lagi tidur pun dia iseng banget. Tangannya suka gatel sama benda-benda yang ada di rumah sendiri maupun di rumah orang. Benda tersebut ga bakalan dia lepas sebelum rusak dan hancur ga berbentuk. Dulu dia pernah dibeliin mobil-mobilan. Belum sampai 1 jam, udah jadi barang pecah belah yang gak bisa dipasang lagi. Pernah dibeliin balon, tapi talinya malah digigit, alhasil balonnya terbang ke angkasa. Maka dari itu dia ga pernah dibeliin mainan lagi. 

Kaca pelapis meja dia getok-getok dengan sendok sampai hancur. Tenaganya super banget. Body nya juga keren banget. Untuk anak seukurannya, Azzam termasuk bongsor. Makannya banyak. Pupnya bisa 4 kali sehari. Waw banget kan? Handphone tetangga pernah ringsek gara-gara dibanting. Kalau main sama temennya suka seenaknya ngerebut mainan orang. Kalau udah kesel sama seseorang, dia bakalan menggigit dengan giginya yang super bagus dan kuat untuk balita seumuran dia. Dia selalu menggunakan kakinya yang super gede dan bertenaga itu buat nendang musuhnya. Nendangnya ga sekali, tapi berkali-kali. *cry*

Dia pernah naik ke rak buku gue, dan hasilnya rak buku gue patah. huhuhu... Dia pernah kesel karena gue cuekin. Gue ga tau ternyata dia masuk ke kamar gue, dan tau ga siiih.... laptop sama printer gue berserakan tak berdaya di lantai. Itu berarti dia abis nge-banting barang berharga gue.  TT___TT
Kertas-kertas skripsi dan buku-buku novel pun acak-acakan. Mamaaaa...  

Dia pernah pulang main sambil nangis, katanya anak tetangga jahat sama dia. "Bibi, aka zaki ayat!" (bibi, kaka Zaki jahat!) Pas ditanya sebab musababnya, ternyata dia disuruh pulang karena ulahnya sendiri, gangguin anak-anak lain yang lagi seru main. oooh... Azzamm!!!

Azzam paling seneng main air, sehari bisa 5 kali ganti baju cuma gara-gara main air keran. Grrrr.... Terlebih lagi ketika turun hujan. Ayeyyy... Istilah orang betawi nya gupak alias main ujan-ujanan. Yang bikin gue harus menyisingkan lengan baju adalah betapa susahnya menangkap dia buat dipakein baju dan pampers. Kalau dipakein pampers mesti rela ditendang-tendang dulu. Giliran udah rapi, dia kabur. Ketika gue liat ke luar, dia lagi berusaha buka-bukain bajunya yang tadi gue pakein. Aaarrggh!!!

Tapi biar pun begitu, Azzam termasuk yang paling dekat dengan gue. Kalau tidur maunya sama gue, kalau mandi, maunya dimandiin sama gue, mau minum susu minta dibikinin sama gue, tapi kalau makan, gue paling seneng. Soalnya dia paling doyan makan ga seperti kakak-kakaknya dan ga perlu disuapin. Pernah suatu saat dia minta nenen sama gue. Aishhh... Gue bilang aja kalau nenennya udah abis. Dan dia pun ngerti. hahahah... 
Kalau lagi ga ngambek, disuruh apa aja mau, malah ga pake protes langsung dikerjain. Misalnya aja dia mau disuruh ambil minum buat kakaknya, mau bawa pakaian kotor di mesin cuci, mau disuruh ngepel lantai gara-gara dia main air.

Dia hampir setiap hari ngasih morning kiss n hug buat gue. Kalau pas subuh gue masih ngantuk, dia yang kelitikin telapak kaki gue supaya bangun. Manis banget kan? Setiap gue mau pergi jauh, dia pasti udah nangkring di motor, pengen diajak pergi. Kalau gue ga ngajak dia, dia bisa gegulingan di tanah sambil nangis-nangis. orzzzz

Yang gue suka dari Azzam, dia itu ga gampang emosian. Anaknya cuek. Suka nyanyi sendiri. Nyanyinya sholawatan pula. Disaat kakaknya pada rewel, dia yang paling happy, joged-joged sambil nyanyi. Suka ngubah-ngubah syair pula. Kayak lagu sholawatan ujungnya diganti jadi suara ayam. coyatuyyoh... coyamuyyoh... ayattohaa rosuyiyyah... (sholatullah shallamullah, ala toha rasulillah...) terus tiba-tiba kokok kokoook... kokokkk kokookk... #gubrakkk
Terus dia juga suka sama lagunya Sulis yang judulnya ya toybah...
Dia suka lagu soundtrack dufan yang bunyinya nee nene nene nene...(?)
Dia juga suka nyanyi lagunya One Direction yang What's make you beautiful. 
Dia suka nonton video konser band rock Jepang Mucc sambil sesekali ngikutin nadanya.

---

Itulah sebagian cerita dari tiga makhluk yang selalu mengisi kehidupan gue saat ini. Intinya sebagai orang tua kita harus banyak sabar, sabar, dan sabar.  Gue juga suka kesel kalau anak-anak rewel dan ga mau nurut. Kalau udah keterlaluan, pasti yang jadi sasaran adalah jewer kuping sama pukul pantat. 
Gue bersyukur dikasih kesempatan buat ngerasain gimana rasanya ngurus anak. Padahal gue sendiri merana banget ngerasaiin jagain anak-anak tanpa kehadiran seorang suami. Muahahhahahahaaaa....

Oke, sekian dulu buat hari ini. Lumayanlah buat ngisi entry blog. XD

2 komentar :

Zuka Zuu mengatakan...

Aaaaaa~ Mau punya anak!!! *loh? Bapakenya dulu cari*
wakakakak
Pasti seru banget ya mah, dikelilingi anak-anak yang dahsyatnya bukan main. Daripada kerja kantoran, ngurus anak kayanya lebih asik.
Umurnya kayanya deketan, padahal mah ngeliatnya enak.
7, 5, 2.5
kalo udah nangis dan berantem semua masya Allah juga...
Tapi seruuuuuuu ><

Betewe, azzam samsooooon wakakakak

Ruru mengatakan...

Ternyata kita senasib, Mamah... :')

Yah, dulu sih. Sekarang karena udah ngantor jadi nggak kena lagi.

Tapi tiga? Wakakak... Ru satu aja udah suka bikin emosi...

Aku kalo punya anak maunya kerja di rumah aja.(Aamiin)